Jumat, 24 Mei 2013



HUKUM I NEWTON

Bagaimana kita bisa membuktikan bahwa pendapat yang menyatakan bahwa benda bergerak karena adanya gaya adalah salah? Cobalah anda dorong sekuat tenaga tembok dinding rumah kamu. Apakah dinding tembok rumah anda bergerak ? ternyata tidak. Lalu , pada sebuah mobil yang sedang bergerak dilantai yang sangan licin, ketika pedal rem diinjak, ternyata mobil tetap bergerak.
Orang yang pertama menyangkal pandangan kuno bangsa yunani tersebut adalah Galileo. Menurut “prinsip inersia “yang diusulkan Galileo, sebuah benda yang sedang bergerak pada permukaan horizontal yang licin sempurna (tanpa gesekan ) akan tetap harus bergerak dengan kelajuan konstan.
Berdasarkan pendapat Galileo tersebut, pada tahun 1687 issac newton menyatakan hukum pertamanya tentang gerak, yang sekarang kita kenal sebagai hukum I newton . hukum I newton menyatakan:
Setiap benda akan akan tetap diam atau bergerak dalam suatu garis lurus kecuali ada gaya yang bekerja padanya.

Hukum ini melibatkan sifat benda, yaitu inersia. Inersia (disebut juga kelembaban) sebuah benda merupakan kecenderungan benda untuk tetap mempertahankan keadaanya terhadap perubahan gerak padanya. Dengan kata lain , sebuah benda yang diam cenderung tetap diam, atau sebuah benda yang sedang bergerak cenderung akan bergerak lurus dengan kelajuan konstan. Seberapa besar inersia sebuah benda dinyatakan oleh besaran massa. Semakin besar massa sebuah benda, semakin besar inersianya, sehingga diperlukan gaya yang lebih besar untuk mengubah keadaan gerak benda. Karena Hukum I newton berkaitan dengan inersia benda , maka seringkali Hukum I Newton berkaitan dengan inersia benda, maka sering kali Hukum I newton disebut Hukum inersia.


0 komentar:

Posting Komentar