Jumat, 24 Mei 2013

Konsep berat dan massa sering kali dicampuradukan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, seseorang menyatakan bahwa berat badannya 60 kg, padahal yang benar adalah massanya 60 kg. massa menyatakan sifat inersia benda ,sedangkan berat merupakan gaya yang diterima benda akibat gravitasi bumi. Dengan demikian, massa dinyatakan dalam satuan kilogram, sementara berat dinyatakan dalam satuan newton. Ditinjau dari jenis besarnya , massa merupakan besaran sklalar, sedangkan berar merupakan besaran vekror.
Berdasarkan berat sebuah benda yang massanya m? untuk menjawab ini sedikit kita singgung masalah Hukum Gravitasi Bumi yang diajukan oleh newton pada tahun 1687. Hukum ini menyatakan bahwa jika dua buah benda bermassa m dan M terpisah sejauh  r, maka pada kedua benda tersebut terdapat gaya tarik menarik yang besarnya
Dengan G = 6,67 X 105 N m2/kg2, yaitu konstanta gravitasi bumi.
Dengan rumus diatas, jika kita misalkan bahwa dua benda yang bedekatan terebut adalah bumi dan sebuah benda diatas permukaan bumi, maka :
Dengan MB dan rB masing masing adalah massa dan jari- jari bumi. Gaya F inilah merupakan berat sebuah benda diatas permukaan bumi.


0 komentar:

Posting Komentar