Jumat, 24 Mei 2013



Dari hukum I newton kita ketahui bahwa gaya total yang bekerja pada benda bisa menimbulkan percepatan pada benda bisa menimbulkan pecepatan pada benda, yang ditandai dengan bergeraknya benda dari keadaan diam. Yang menjadi pertanyaan kita barang kali adalah berapakah besarnya percepatan  a yang dihasilkan oleh gaya  F  pada sebuah benda bermassa m? untuk mengetahui jawabannya, kita bisa melakukan 2 percobaan mengukur percepatan benda jika masaanya bervariasi dan jika gayanya bervariasi berikut ini.
Pada percobaan pertama, di mana massa benda kita buat bervariasi , gaya yang menarik benda (beban) kita pertahankan tetap nilainya. Dalam percobaan ini kita memvariasi kan nilai m, sedangkan beban M yang bertindak sebagai gaya tarik harus tetap.

Dalam percobaan ini diperoleh hasil bahwa percepatan benda berbanding terbalik dengan massa benda. Hasil ini sesuai dengan intuisi kita, bahwa ketika kita mendorong benda yang berat, gerakan benda yang kita dorong pun terlambat ; tapi ketika kita mendorong benda yang ringan, benda yang kita dorong akan bergerak lebih cepat. Jika dituliskansecara matematis hasil percobaan ini adalah
1 / m

pada percobaan kedua, dimana gaya yang bekerja pada benda kita buat bervariasi, massa benda  kita pertahankan tetap nilainya. Diagram dari percobaan ini tampak paad gambar 4.5(b). dalam percobaan ini, kita memvariasikan nilai beban M yang bertindak sebagai gaya tarik., sedangkan massa m yang bertindak sebagai beban harus tetap. Dari percobaan ini di peroleh hasil bahwa percepatan benda berbanding lurus dengan besarnya gaya yang bekerja pada benda. Hasil ini sesuai dengan intuisi kita. Bahwa ketika benda dengan lebih kuat, benda akan bergerak lebih cepat., sementara ketika kita mendorong benda dengan gaya yang kecil,benda bergerak lebih lambat ( lihat gambar 4.6 ) . jika dituliskan secara matematis, hasil percobaan ini adalah
m

 Dari hasil percobaan tersebut bias kita tuliskan hubungan antara gaya, massa, dan percepatan, yaitu :
a= f/ m  atau f = ma
secara umum jika pada benda bekerja lebih dari satu gaya, maka persamaan di atas bias dituliskan sebagai berikut :

F = ma

Persamaan tersebut merupakan ungkapan matematis  dari hokum II Newton, yang menyatakan :
‘’Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sebanding dan searah dengan resultan gaya dan berbandig  terbalik dengan massa benda.

Pada hukum I Newton tersirat pengertian gaya secara kualitatif, sedangkan dalam hukum II Newton  ini gaya, yang dapat mengubah gerakan benda , dijelaskan secra kuantitatif.


0 komentar:

Poskan Komentar